...|||ooooOO0OOoooo|||... Selamat Datang di Webblog Resmi Forum Anak Kabupaten Batang, Semoga Bermanfaat. ...|||ooooOO0OOoooo|||... Dukung Kabupaten Batang menuju Kabupaten Layak Anak.
On Senin, Juli 23, 2018 by Forum Anak Batang (FANTA) in , , ,    No comments
LATAR BELAKANG
Anak adalah harapan masa depan bangsa dan penerus generasi di masa mendatang. Dalam siklus kehidupan manusia, masa anak-anak merupakan fase dimana manusia mengalami tumbuh kembang yang menentukan masa depannya. Anak tidak bisa dipisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Hal ini secara tegas diamanatkan dalam UUD Tahun 1945 Pasal 28 B Ayat (2) bahwa negara menjamin setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.
Banyak kebijakan, program, dan kegiatan yang telah dibuat dan dilaksanakan di seluruh tingkatan wilayah, namun pemenuhan hak dan perlindungan anak belum optimal. Hal ini antara lain terlihat dari masih banyaknya anak yang tidak memiliki akta kelahiran, informasi yang ada belum ramah anak, mudahnya anak mengakses pornografi, masih terbatasnya wadah partisipasi anak dan suara anak belum mewarnai proses pembangunan. Selanjutnya di bidang kesehatan masih banyak masalah kesehatan anak, di bidang pendidikan belum semua anak mendapatkan pendidikan, terbatasnya ruang kreatifitas anak, masih banyaknya pekerja anak, maraknya kekerasan kepada anak, baik kekerasan di rumah, di jalan, di sekolah dan tempat-tempat umum lainnya, masih banyak anak berkebutuhan khusus yang belum terpenuhi haknya, maraknya anak yang dijadikan sebagai pelaku terorisme, dan pengedar narkoba. Semua ini tentunya akan berdampak pada tumbuh kembang anak dan kehidupan mereka pada saat dewasa.
Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap tanggal 23 Juli dilaksanakan sebagai upaya menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, kembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Peringatan Hari Anak Nasional belum menjadi tradisi masyarakat di Indonesia dibandingkan dengan peringatan hari besar lainnya. Bahkan banyak anak-anak Indonesia yang tidak mengetahui adanya Hari Anak Nasional.
Hari Anak Nasional merupakan hari yang sepenuhnya menjadi milik anak Indonesia, sehingga setiap anak Indonesia memiliki kesempatan seluas luasnya untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri dalam berbagai kegiatan yang positif. Hari Anak Nasional merupakan momentum yang penting untuk menggugah keramahan dan kepedulian terhadap anak agar anak menjadi pewaris bangsa yang berkualitas.

TEMA KEGIATAN
“Anak Indonesia, anak GENIUS (Gesit, Empati, beraNI, Unggul, Sehat)”

TUJUAN KEGIATAN
Kegiatan ini bertujuan untuk :
1.    Sarana bagi anak di Kabupaten Batang untuk meningkatkan partisipasi dan menyalurkan aspirasi anak pada proses pembangunan di Kabupaten Batang
2.    Membangun kreatifitas, kecerdasan, kepekaan dan kecintaan anak terhadap daerah dan lingkungannya sendiri dan mengidentifikasikan kondisi sosial budaya dan isu yang terkait dengan hak anak
3.    Memperkenalkan Forum Anak  Kabupaten Batang (FANTA) yang merupakan wadah partisipasi anak di Kabupaten Batang

A.    LOMBA FOTOGRAFI
Syarat dan Ketentuan Lomba Fotografi
1.    Kegiatan ini terbuka untuk seluruh anak- anak yang berdomisili di Kabupaten Batang yang belum berusia 18 tahun pada tanggal 23 Juli 2018.
2.    Peserta tidak dipungut biaya
3.    Panitia berhak menggunakan foto-foto pemenang untuk kegiatan promosi, publikasi dan keperluan lainnya tanpa memberikan kompensasi apapun kepada pemenang tersebut dengan hak cipta foto tetap dipegang oleh pemilik foto.
4.    Foto pemenang harus bebas dari paten, hak cipta atau ikatan hak lainnya, dan jika foto tersebut terikat pada suatu hak cipta atau hak lainnya, maka pemenang menjamin dan memastikan panitia bebas dari segala tuntutan apapun dari pihak mana pun dan segala bentuk kewajiban yang timbul akan menjadi tanggungan pemenang
5.    Setiap peserta maksimal dapat mengirimkan dua karya foto
6.    Peserta dapat menggunakan kamera jenis apapun (handphone, DSLR, Mirrorless, dll)
7.    Hasil foto boleh diedit sederhana (cropping, burning, eksposur, warna) sederhana dengan tujuan membuat foto menjadi normal.
8.    Foto yang dikirimkan (unggah) maximal 800 piksel x 600 piksel atau kurang dari 3 MB, dengan format jpeg
9.    Foto merupakan karya perseorangan dan original/ tidak plagiarisme
10.    Foto yang dilombakan merupakan karya yang belum pernah memenangkan perlombaan lainnya
11.    Bagi peserta yang melanggar syarat dan ketentuan akan didiskualifikasi
12.    Dengan melakukan pendaftaran di kegiatan ini, peserta menyatakan telah membaca, mengerti dan setuju dengan segala peraturan beserta syarat dan ketentuan lomba fotografi yang diselenggarakan oleh FANTA.
13.    Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

Persyaratan Pengiriman Foto
a.     Peserta wajib mengirimkan e-mail ke fanta.forumanakbatang@gmail.com berisi:
•    Nama Lengkap
•    Tempat Tanggal Lahir
•    Sekolah
•    Alamat
•    ID akun media sosial
b.    Peserta wajib mempublikasikan foto yang dilombakan di Instagram atau facebook dengan hashtag #forumanakbatang, #batanglayakanak, dan #harianak
c.    Foto diterima paling lambat tanggal 6 Agustus 2018 Pukul 23.59
d.    Foto yang tidak sesuai ketentuan dianggap gugur
e.    Selanjutnya foto yang masuk akan diseleksi dan ditetapkan menjadi nominasi 10 besar

B.    LOMBA MENULIS SURAT UNTUK BUPATI
Kriteria & Ketentuan Lomba
1.    Kegiatan ini terbuka untuk seluruh anak- anak yang berdomisili di Kabupaten Batang yang belum berusia 18 tahun pada tanggal 23 Juli 2018 dibuktikan dengan fotokopi Akta Kelahiran
2.    Peserta tidak dipungut biaya
3.    Naskah surat harus merupakan hasil karya asli penulis sendiri. Panitia berhak menggugurkan pemenang jika di kemudian hari tulisan terbukti bukan karya asli.
4.    Naskah surat berisi sekitar 300 – 800 kata.
5.    Naskah surat ditulis tangan yang rapi dan dapat terbaca.
6.    Naskah ditulis menggunakan kertas folio bergaris dengan batas kiri 4 cm dan bawah 3 cm.
7.    Naskah surat dapat berupa saran, masukan, gagasan, kritikan atau aspirasi sebagai bentuk partisipasi anak untuk memajukan Kabupaten Batang.
8.    Naskah surat dapat terkait semua bidang pembangunan, antara lain perlindungan anak dan perempuan, pendidikan, insfrastruktur, sosial budaya, lingkungan dan lain sebagainya.
9.    Naskah surat  belum pernah diikutsertakan dalam lomba apapun, belum pernah dipublikasikan di media cetak maupun online, tidak sedang disertakan dalam lomba lainnya.
10.    Pengiriman naskah surat disertai identitas diri atau biodata.
11.    Naskah surat yang dikirim dibuat rangkap dua dan dimasukan dalam satu amplop yang depannya ditulis “Surat untuk Bupati”
12.    Naskah surat dapat dikirim secara individu atau kolektif ke alamat :
Panitia Lomba Menulis Surat Untuk Bupati Forum Anak Kabupaten Batang
Sekretariat :  Kantor DP3AP2KB Kab. Batang, Jalan Dr Soetomo No 58 Batang
Kontak Panitia :
Neska : 087830815717
Hidayat : 08568065025
13.    Batas akhir pengiriman naskah surat tanggal 6 Agustus 2018
14.    Naskah surat yang sudah dikirim menjadi Hak Panitia
15.    Peserta dengan naskah terbaik akan dihubungi oleh panitia
16.    Keputusan panitia bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar anda dengan benar