...|||ooooOO0OOoooo|||... Selamat Datang di Webblog Resmi Forum Anak Kabupaten Batang, Semoga Bermanfaat. ...|||ooooOO0OOoooo|||... Dukung Kabupaten Batang menuju Kabupaten Layak Anak.
On Jumat, Maret 09, 2018 by Forum Anak Batang (FANTA) in , ,    No comments
I.    PENDAHULUAN
Pembangunan di bidang pemenuhan dan perlindungan anak telah menjadi perhatian kita bersama, sebagai upaya untuk membangun kembali pranata sosial yang mampu mendukung terciptanya kondisi lingkungan yang layak bagi anak untuk hidup, tumbuh dan berkembang secara optimal. Dalam upaya pemenuhan hak-hak anak tersebut, terdapat empat pilar hak anak yang harus dipenuhi yaitu hak untuk hidup, hak untuk tumbuh kembang, hak untuk mendapat perlindungan dan hak untuk berpartisipasi. Hak yang disebut terakhir ini seringkali dilupakan karena suara anak justru sering dikesampingkan dalam berbagai upaya bagi terciptanya lingkungan yang layak bagi mereka. Forum Anak kemudian hadir sebagai salah satu solusi bagi upaya pemenuhan hak partisipasi anak, di mana Forum Anak berfungsi sebagai wadah bagi partisipasi anak di berbagai aspek pembangunan yang berdampak kepada anak.
Forum Anak Kabupaten Batang (FANTA) dibentuk dengan visi yang serupa, yaitu untuk menjadikan anak Kabupaten Batang sebagai penerus bangsa yang beriman, bertaqwa, berpendidikan, berprestasi, dan berkualitas. Pada periode kepengurusan tahun 2016-2018, FANTA telah banyak belajar dan melakukan berbagai aktifitas kegiatan yang berkaitan erat dengan pemenuhan hak-hak anak, serta telah berpartisipasi dalam kegiatan regional maupun nasional. Keberadaan Forum Anak menjadi elemen penting bagi terwujudnya negara dan pemerintah yang demokratis,  di mana setiap warga negara termasuk anak memiliki hak yang sama untuk menyatakan pendapatnya. Pemeritah juga bisa memperoleh gambaran permasalahan, kebutuhan dan aspirasi yang murni dari anak itu sendiri, yang sebelumnya lebih sering disuarakan oleh orang dewasa. Bagi anak sendiri, arti penting keberadaan forum anak adalah bahwa anak memiliki ruang untuk menyatakan pendapat, berpartisipasi dalam turut mengambil keputusan yang menyangkut diri anak serta mengembangkan bakat dan ketrampilan serta memperluas jaringan.
Dengan berakhirnya masa periode kepengurusan forum anak, akan dilaksanakan reorganisasi kepengurusan forum anak yang akan dipadukan dengan kegiatan  Kongres Anak Batang Tahun 2018, seperti  yang telah dilaksanakan di tingkat propinsi dan nasional. Pada awal kegiatan akan diisi dengan materi peningkatan kapasitas anak (capacity building), diantaranya mengenai kepemimpinan, penguatan moral, nilai – nilai luhur dan budaya bangsa, kemudian peserta akan mengikuti beberapa sidang yang diharapkan dapat menghasilkan susunan Pengurus FANTA Periode Tahun 2018-2020 dan dokumen deklarasi anak yang nantinya akan dibacakan dan menjadi rekomendasi bagi pemangku kebijakan.

II.    TEMA KEGIATAN
“Kami Anak Batang Menolak Segala Bentuk Kekerasan pada Anak Agar Tercipta Kabupaten Layak Anak”

III.    MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud diselenggarakannya kegiatan Pertemuan Forum Anak Kabupaten Batang  dan Kongres Anak Batang 2018 adalah untuk meningkatkan kapasitas anak di bidang pemenuhan hak anak, terutama dalam berpartisipasi dan berkontribusi positif di semua aspek kehidupan. Sedangkan tujuan kegiatannya adalah :
1.    Memberikan ruang untuk mengapresiasi kapasitas anak dalam berpendapat, mengenali dan menyelesaikan permasalahan, serta mempersiapkan kemampuan anak untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan kebijakan yang terkait dengan anak.
2.    Memformulasikan pokok- pokok pikiran, pendapat dan pandangan anak sebagai bahan masukan bagi pengambilan kebijakan pembangunan di bidang tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi anak
3.    Menggali meningkatkan kemampuan dan karakter positif anak sesuai dengan potensinya
4.    Meningkatkan kualitas sumber daya anak;
5.    Sebagai ajang yang memupuk kebersamaan untuk membangun dan mempererat rasa persahabatan, persaudaraan dan kesetiakawanan.

IV.    WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan Pertemuan Forum Anak Kabupaten Batang  dan Kongres Anak Batang 2018 akan dilaksanakan pada :
Hari        : Sabtu - Minggu
Tanggal    : 17 – 18 Maret 2018
Waktu        : Pukul 08.00 – selesai
Tempat    : Ruang Pertemuan DP3AP2KB dan Wisata Agro Selopajang   Timur, Blado

V. SYARAT DAN KETENTUAN
1.    Laki- laki atau perempuan berusia 13-16 tahun.
2.    Berdomisili di Kabupaten Batang
3.    Memiliki pengetahuan yang cukup mengenai wilayah tempat tinggalnya.
4.    Peduli terhadap isu-isu anak di Kabupaten Batang.
5.    Bersedia mengikuti seluruh rangkaian acara.
6.    Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan di bawah atau unduh disini
7.    Pendaftaran paling lambat tanggal 13 Maret 2018.
8.    Informasi lebuh lanjut bisa menghubungi panitia atas nama Hidayat (08568065025)

VI. FORMULIR PENDAFTARAN

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar anda dengan benar