...|||ooooOO0OOoooo|||... Selamat Datang di Webblog Resmi Forum Anak Kabupaten Batang, Semoga Bermanfaat. ...|||ooooOO0OOoooo|||... Dukung Kabupaten Batang menuju Kabupaten Layak Anak.
On Selasa, Juli 19, 2011 by Anonim in ,    No comments

Meningkatkan Peran Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Karakter Bangsa

LATAR BELAKANG
Kegiatan menulis untuk generasi muda/remaja perlu terus didorong dan didukung agar mereka dapat dengan mudah mengungkapkan ide dan pikiran-pikirannya. Ide atau pikiran yang diungkapkan tersebut dapat berbentuk tulisan fiksi atau nonfiksi. Melalui kegiatan menulis, generasi muda/remaja, paling tidak, secara tidak langsung telah melakukan dan mengembangkan minat, bakat, kemampuan, dan kreativitas yang dimilikinya. Melalui menulis pula, generasi muda/remaja dapat mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat dan positif, sekaligus dapat mengomunikasikan ide dan pikiran-pikirannya kepada lingkungan di sekitarnya.
Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu tugas Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional, adalah membina generasi muda/remaja untuk terus melakukan kegiatan menulis, baik fiksi maupun nonfiksi. Dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2011, Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, mengadakan kegiatan Sayembara Penulisan Cerpen bagi Remaja. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada generasi muda/remaja yang mempunyai minat, bakat, dan kemampuan dalam menulis karya sastra (cerpen). Melalui kegiatan sayembara ini, diharapkan nantinya generasi muda/remaja terpacu untuk menulis, utamanya menulis karya sastra (cerpen), dengan lebih baik dan bermutu sehingga akan lahir dan tumbuh penulis-penulis muda di negeri ini.

TUJUAN
Sayembara ini dilaksanakan dengan tujuan
a) mengembangkan kepekaan generasi muda/remaja terhadap masalah sosial budaya dan kecintaan terhadap alam Indonesia;
b)   mendorong generasi muda/remaja untuk berlatih dan mengasah minat, bakat dan kemampuan, serta kreativitas dalam menulis karya fiksi berupa cerpen;
c)    menumbuhkembangkan sikap positif dan rasa cinta terhadap sastra; dan
d)   menumbuhkembangkan kegiatan menulis di kalangan generasi muda/remaja.

PERSYARATAN
a)      Tema cerpen bebas, tidak mengarah pada pornografi, dan tidak berpotensi menimbulkan konflik yang berkaitan dengan SARA.
b)   Cerpen harus asli (bukan saduran atau terjemahan), belum pernah diterbitkan atau dipublikasikan, dan belum pernah diikutsertakan dalam sayembara apa pun.
c)      Panjang karangan 5–8 halaman kertas kuarto atau A4.
d)      Cerpen ditulis dalam bahasa Indonesia, diketik rapi 1,5 spasi dengan huruf Times New Roman 12 atau Arial 11, dan tidak bolak-balik.
e)      Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu cerpen.
f)       Cerpen yang dikirim kepada Panitia harus dilampiri biodata dan fotokopi KTP/Kartu Pelajar/surat keterangan lain yang menyatakan bahwa peserta masih berusia 13—19 tahun.

 PENILAIAN
a)      Penilaian akan dilakukan secara berjenjang dari tingkat provinsi sampai ke tingkat nasional.
b)      Sepuluh naskah unggulan yang lolos di tingkat provinsi akan dinilai di tingkat nasional untuk menentukan juara nasional.
c)      Penilaian dan penentuan pemenang akan dilakukan oleh tim juri.
d)      Penilaian mencakupi isi, teknik penulisan, bahasa, dan gaya.
e)      Hasil penilaian tim juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat-menyurat.
f)       Pemenang cerpen tingkat nasional terdiri atas Pemenang I, II, III, dan Harapan I, II, dan III.

HADIAH
Enam pemenang sayembara akan mendapat piagam penghargaan dan hadiah sebagai berikut
1)      Pemenang I Rp6.000.000,00
2)      PemenangII Rp5.000.000,00
3)      Pemenang III Rp4.000.000,00
4)      Pemenang Harapan I Rp3.000.000,00
5)      Pemenang Harapan II Rp2.500.000,00
6)      Pemenang Harapan III Rp2.000.000,00
Pajak hadiah uang sebesar 15% ditanggung oleh pemenang.

PENGIRIMAN NASKAH
  1. Peserta di luar Jadebotabek dapat mengirimkan naskah cerpen (rangkap tiga) kepada panitia balai/kantor bahasa provinsi masing-masing.
  2. Peserta dari provinsi yang belum mempunyai balai/kantor bahasa mengirimkan karangannya ke balai/kantor bahasa terdekat (Provinsi Sulawesi Barat ke Balai Bahasa Makassar, Provinsi Papua Barat ke Balai Bahasa Jayapura)
  3. Peserta dari wilayah Jadebotabek dapat mengirimkan naskah cerpen langsung ke Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta (cap pos) atau melalui alamat pos-el sayembaracerpen@yahoo.com paling lambat 6 September 2011.
  4. Panitia Daerah mengirimkan sepuluh cerpen unggulan ke Panitia Pusat di Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa paling lambat 30 September 2011 (cap pos).
  5. Naskah cerpen dikirim kepada panitia sebanyak tiga eksemplar.
  6. Peserta harus menuliskan alamat dengan jelas beserta nomor telepon dan pos-el agar mudah dihubungi. Di sebelah kiri amplop harap dicantumkan Sayembara Penulisan Cerita Pendek bagi Remaja.
  7. Cerpen yang masuk ke Panitia menjadi milik Panitia dan tidak akan dikembalikan.
Narahubung:
1. 08161341439 (Nurweni)
2. 08121050776 (Atikah)
3. 08561111941 (Sartono)


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar anda dengan benar